Modifikasi Honda Civic Type R
Sahabatotomotif99 - Hadir sebagai mobil yang mengedepankan performa, Honda Civic Type R merupakan sebuah jawaban bagi para penggemar Honda yang sangat antusias dengan kecepatan. Honda Civic generasi sepuluh dengan kode lahir FK8R ini merupakan penerus dari deretan Honda berjulukan Type R yang memang ditakdirkan untuk berlari kencang sejak lahir.
Dengan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R dilengkapi dengan atribut penunjang aerodinamika di sekujur tubuhnya. Hal ini menjadi sebuah peranti wajib yang disematkan oleh para insinyur Honda untuk membuatnya tetap stabil dan melekat di aspal saat berkecepatan tinggi.
Struktur body yang lebar dengan tarikan garis tajam pada rancangan desainnya, membuat Honda Civic Type R memiliki tampilan yang sangat sporty. Honda memang secara jelas membedakan karakter desain antara Civic Type R yang lebih ‘galak’ dengan Civic Hatchback Turbo yang lebih ‘sopan dan manis’ yang menjadi basis produksinya.
SAHABATQQ SITUS TERBAIK DI ASIA
Sumber pacu Honda K Series memang terkenal sebagai pemasok tenaga paling optimal di jajaran mesin empat silinder lansiran Honda. Mesin berkode K20C1 Turbo yang berada di balik kap mesin Honda Civic Type R dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan manual dengan rasio rapat dan Limited Slip Differential di roda depan. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi 400 Nm.
Banderol Rp 1,068 miliar untuk sebuah hatchback empat pintu memang dinilai sangat besar. Namun ini adalah generasi penerus dari Honda Civic Type R yang legendaris, sebuah hatchback yang tetap dengan kapasitas empat penumpangnya namun bisa diandalkan untuk Track Day.
PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjual resmi Honda Civic Type R generasi terakhir ini cukup disibukkan dengan lebih besarnya pemintaan dari pada kuota jualan yang dimiliki. Oleh karenanya, di kemudian hari, Honda Civic Type R ini bisa jadi sebuah buruan kolektor penggemar mobil-mobil berspesifikasi tinggi.
Meski datang sepaket dengan perangkat tampilan yang sporty dan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R tidaklah haram untuk dimodifikasi. Berbagai aspek bawaan standar, masih dapat ditingkatkan lagi kemampuannya.
Namun perlu diingat, modifikasi yang dilakukan sepatutnya mempertimbangkan beberapa aspek. Antara lain keamanan berkendara, kenyamana berkendara serta yang paling penting adalah estetika.
Kegiatan modifikasi juga patut ditunjang dengan responsibiltas pengendaranya. Tetap patuhilah peraturan berkendara yang berlaku dan tetap hargai pengguna jalan lain saat berkendara.
Populer Modifikasi Honda Civic Type R
Honda Civic Type R keluar dari pabrik dengan sederet peranti penunjang performa. Namun beberapa pemiliknya masih kurang puas dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Oleh karenanya modifikasi adalah langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pemilik guna mendapatkan personalisasi.
Demi meningkatkan performa standarnya, modifikasi di sektor mesin adalah hal yang aling umum dilakukan. Beberapa langkah dapat dilakukan mulai dari yang termudah yakni melakukan remapping atau reflash Engine Control Unit (ECU) hingga penggantian peranti ECU aftermarket yang memiliki lebih banyak parameter pengaturan.
Selain ECU, modifikasi di sektor mesin biasanya merambah ke sektor pembakaran yang dibuat lebih optimal. Caranya adalah meningkatkan pengapian dan pasokan udara bersih ke ruang bakar serta meningkatkan kinerja jalur distribusi bahan bakar.
Memperlancar aliran gas buang juga menjadi satu sektor penting dalam hal meningkatkan performa Honda Civic Type R. Penggantian perangkat knalpot bisa dilakukan secara lengkap atau parsial mulai dari centre pipe, resonator hingga muffler belakang.
Ecu Tuning
Program ulang ECU atau Remapping atau Reflashing merupakan langkah termudah dalam meningkatkan kinerja mesin. Parameternya adalah mengoptimalisasi pembakaran di setiap rentang RPM atau putaran mesinnya termasuk paling umum melepas speed limiter atau pembatas kecepatan tanpa membongkar perangkat keras ECU. Proses pengerjaan ini memerlukan biaya sekitar Rp 6,5 juta – Rp 10 juta untuk aplikasi EP Tune atau Hondata Flash Pro termasuk tuning diatas roller dyno. Versi lebih serius adalah penggantian ECU standar ke ECU aftermarket yang plug and play. Kelebihan dari ECU aftermarket plug and play ini adalah kemampuannya memprogram peranti yang lebih banyak tingkat tingkat akurasi yang tinggi. Misalnya timing pengapian, pembakaran, debit udara masuk di tiap rentang RPM serta pengaturan embusan turbocharger dan pendinginan mesin tanpa mengubah perkabelan mesin. Output tenaga yang dihasilkan pun jauh lebih besar dari pada sekadar mengubah chip ECU. Namun jangan kaget, biayanya juga turut mengikuti, berkisar Rp 125 jutaan untuk Motec M142 termasuk instalasi dan dyno tuning.
Pengapian dan Pasokan Udara
Pembakaran pada mesin berbahan bakar bensin sangat tergantung pada besaran udara dingin yang masuk ke ruang bakar dan besaran pengapian saat terjadinya pembakaran. Maka penggantian busi dengan api yang lebih besar dan sistem pasokan udara yang lebih cepat jadi kunci peningkatan performa. Meski bawaan standar Honda Civic Type R adalah busi dengan tipe Laser Iridium, namun di pasaran busi aftermarket dengan kemampuan diatas standar juga tersedia dengan rentang harga Rp 1,5 juta untuk lansiran HKS Super Fire. Untuk meningkatkan pasokan udara bersih, penggantian Cold Air Intake (CAI) yang meliputi air intake dan open air filter hingga intercooler yang lebih besar memang diperlukan. Penggantian air intake dan open air filter memerlukan biaya mulai dari Rp 25 juta untuk merek Arma atau HKS serta penggantian intercooler berbahan billet lansiran HKS atau PRL berkisar mulai dari Rp 18 juta – Rp 23 juta termasuk pipa dan instalasi
Exhaust System
Gas buang hasil pembakaran pada mesin sebisa mungkin segera terhempas keluar agar mesin dapat segera memproses ulang pembakaran di langkah selanjutnya. Dengan begitu, penggantian exhaust sistem diperlukan untuk mempercepat pembakaran. Ada beberapa merek di pasaran dari buatan lokal hingga produksi tuner kenamaan. HKS, PRL, Remus hingga Spoon Sports punya produk exhaust yang memang dtujukan untuk Honda Civic FK8R ini. Penggantian meliputi centre pipe, resonator hingga muffer belakang. Seperangkat exhaust set ini dapat ditebus mulai dari Rp 20 juta satu set. HKS Legamax, PRL Exhaust & Remus Valvetronic
Komentar
Posting Komentar